SMKN 2 Ponorogo Jadi Tuan Rumah dan Juara di LKS SMK Wilker IV Jatim 2021

Diposting pada : 2021-04-12, oleh : admin, Kategori : Kegiatan Sekolah, Komentar : 0

Pandemi Covid 19 berdampak serius bagi kesinambungan dunia pendidikan. Sebab sebelum pandemi setiap ajang lomba keterampilan pendidikan dipastikan seru dan mendapat atensi siswa dan guru. Seperti arena Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2021 Jawa Timur ini harus dipecah menjadi beberapa Wilayah Kerja (Wilker).

Seperti event saat ini SMK Negeri 2 Ponorogo menjadi tuan rumah LKS 2021 untuk bidang lomba Hotel Reception dan Bidang Lomba Culinary untuk WILKER IV meliputi Kabupaten Jombang, Nganjuk, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan dan Ponorogo, pada tanggal 30-31 Maret 2021. Dan SMKN 2 Ponorogo berhasil menorehkan prestasi dengan 3 anak didiknya menjadi juara di 3 bidang lomba dan lolos masuk menuju LKS tingkat Provinsi Jawa Timur. 
Kepala SMKN 2 Ponorogo, Farida Hanim Handayani, S. Pd. M. Pd menyampaikan, bahwa LKS ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan merupakan Agenda Nasional. Karena ini musim pandemi, maka untuk wilayah Jatim dibagi menjadi 4 WILKER.
Lanjut Hanim, kami tidak lupa mengucapkan terimakasih karena telah di percaya menjadi tuan rumah LKS 2021 untuk 2 bidang lomba di WILKER IV. Di musim pandemi ini ada sebagian bidang lomba yang dilaksanakan secara daring, tapi ada juga sebagian lomba yang harus dilaksakan secara luring karena demi menjaga kejujuran dan objektivitas hasil lomba. 
“Selanjutnya alhamdulillah anak didik kami berhasil menjuarai kompetisi dan maju ke tingkat provinsi yaitu Culinary juara 1, Hotel Receptions juara 2 dan Hair dressing nominator 1," katanya.
LKS ini tujuannya, ungkap Hanim adalah untuk mencari bibit unggul sekaligus pembuktian sekolah mana yang terbaik. LKS ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur tingkat kompetensi yang dimiliki. Selanjutnya melatih siswa memiliki semangat berkompetisi dan memiliki kerja keras.Selain itu dalam lomba Perhotelan salah satu materinya adalah presentasi destinasi pariwisata di Ponorogo dan kuliner di Ponorogo. Jadi sekalian untuk promosi potensi wisata di Kabupaten Ponorogo.
"Kami terus berharap bahwa prestasi ini nanti tidak berhenti di tingkat Provinsi, namun diharapkan bisa menjadi juara Nasional. Karena kami yakin anak didik kami memiliki mental dan potensi yang luar biasa.Sekolah dan Komite Sekolah terus mendukung baik mental maupun finansial. Sekolah akan terus membimbing dan memotivasi agar peserta lomba ini bisa terus semangat dan mendapatkan hasil yang memuaskan, "pungkasnya.

Para peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2021 di SMKN 2 Ponorogo 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kehumasan SMKN 2 Ponorogo, Sri Sumaryana, S. Pd mengatakan bahwa dengan prestasi ini, SMKN 2 Ponorogo dapat melanjutkan kompetisi ke tingkat provinsi Jawa Timur, pada bulan depan. 
Dia menjelaskan, prestasi ini diraih berkat persiapan yang matang, terutama dalam pelatihan yang disiplin dari anak didik kami. Dalam masa pandemi ini karena pertemuan kita sangat terbatas jadi para peserta lomba tetap rajin belajar di rumah dan tetap dipraktekan di sekolah untuk terus kita bimbing sampai tercapai persiapan yang maksimal. 
“Dalam melatih siswa untuk bidang hotel reception memerlukan bimbingan secara totalitas karena selain knowledge, skill, dan attitude, kami juga mengajarkan agar siswa mampu memanajemen dirinya dalam memberikan layanan kepada tamu sehingga ini merupakan bagian dari interpersonal skill,” terangnya.
"Target dan harapan kami adalah menjadi juara umum. LKS INI dicanangkan karena SMK merupakan sekolah yang memiliki keunggulan kompetitif tinggi. Di SMK, siswa diajarkan kompetensi-kompetensi spesifik yang dipilih sesuai minat bakat dan kemampuan siswa.Para Guru disini pun banyak yang alumni dari Juara LKS. Jadi sekolah juga selalu memikirkan karir dari para peserta lomba. Dan juga pihak sekolah terus menjamin mutu sekolah ini dengan cara salah satunya adalah adanya para Guru2 yang profesional di bidangnya masing2, "pungkasnya.


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini