Study Ekstra Jurnalistik

Diposting pada : 2015-08-22, oleh : admin, Kategori : Kegiatan Siswa, Komentar : 0

Pesatnya kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak maupun elektronik pun saling bersaing sehingga tidak ayal bila si pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menyampaikan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif dalam setiap pemberitaannya.

Begitu juga dengan ekstra Jurnalistik SMK Negeri 2 Ponorogo, dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman anggota ekstrakurikuler di bidang Jurnalistik, Rabu, (1 April 2015) mengadakan Kegiatan Kunjungan Lapangan ke Politeknik Indonusa Surakarta, Museum Pers Nasional, Masjid Agung Surakarta dan Pusat Grosir Solo.

Kegiatan kunjungan ini merupakan Program Kerja Waka Kesiswaan dan Program Kerja Ekstrakurikuler Jurnalistik Periode Tahun 2014/2015. Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh duapuluh siswa anggota ekstrakurikuler jurnalistik dan di didampingi tiga orang guru. Rombongan berangkat dari Ponorogo molor satu jam dari jadwal semula jam 06.00 wib menjadi sekitar jam 07.00 karena ada beberapa peserta yang datangnya terlambat. Sampai di Solo sekitar jam 10.00 WIB. Peserta langsung menuju ke Politeknik Indonusa.

Alhamdulillah rombongan mendapatkan sambutan yang istimewa di Indonusa, rombongan dipersilahkan masuk ke ruang seminar di lantai dua. Dalam sambutannya Edi Selaku Perwakilan dari Politkenik Indonusa, mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya Politeknik Indonusa Surakarta dijadikan tempat kunjungan dari SMK Negeri 2 Ponorogo, harapannya kerjasama ini bisa berlanjut di kemudian hari. Perlu diketahui Politeknik Indonusa Surakarta merupakan Politeknik Terbaik di Jawa Tengah, dan merupakan satu-satunya kampus yang memiliki stasiun tv, demikian pungkasnya.

Sementara Tarmin, S.Kom mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada civitas Politeknik Indonusa Surakarta, atas kesempatan yang telah diberikan kepada SMK Negeri 2 Ponorogo untuk mengadakan kunjungan, semoga dengan adanya kunjungan ke Politeknik Indonusa ini anak-anak kami bisa mendapatkan materi dan ilmu pengetahuan tentang Jurnalistik, selain itu anak-anak juga bisa mengenal tentang Politeknik Indonusa Surakarta. Demikian papar Tarmin, S.Kom, selaku pembina ekstrakurikuler jurnalistik di SMK Negeri 2 Ponorogo,

Selain mendapatkan materi jurnalistik, di Politeknik Indonusa, peserta juga di ajak keliling ke berbagai fasilitas yang ada di Politeknik Indonusa, salah satunya ke studio Radio, disini peserta di berikan penjelasan tentang teknik siaran, penggunaan software broadcast untuk radio, bahkan Septian salah satu siswa diberi kesempatan untuk melakukan siaran bersama mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarata. Setelah dari studio radio peserta menuju ke studio PoinTv, di studio ini peserta di berikan pelatihan singkat tentang teknik pengambilan gambar, dan penggunaan software editing.

Selain ke Politeknik indonusa, Peserta Ekstrakurikuler juga mengunjungi museum Pers Nasional yang terletak di Jalan Gajah Mada 59, Surakarta, Jawa Tengah, di sudut Jl. Gajah Mada dan Jl. Yosodipuro. Letaknya di sebelah barat Istana Mangkunegaran. Kompleks museum terdiri dari bangunan asli Sasana Soeka, dua gedung berlantai dua, dan satu gedung berlantai empat. Museum ini dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Rombongan di pandu melihat tentang isi dari museum Pers Nasional. Dari tokoh-tokoh penting dalam sejarah jurnalisme Indonesia, serta diorama yang menggambarkan komunikasi dan pers sepanjang sejarah Indonesia. Setelah puas berkeliling di Museum Pers, rombongan langsung menuju Masjid Agung Keraton Surakarta untuk melakukan ishoma. Setelah Ishoma selesai rombongan menuju ke ke Pusat Grosir Solo untuk wisata belanja. Dan tepat jam 16.00 WIB rombongan kembali ke kota reog. Alhamdulillah sampai di ponorogo dengan aman dan selamat.


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini