PERSAMI DEWAN AMBALAN CUT NYAK DIEN

Diposting pada : 2018-08-06, oleh : admin, Kategori : Kegiatan Siswa, Komentar : 0

PERSAMI DEWAN AMBALAN CUT NYAK DIEN

SMK NEGERI 2 PONOROGO

 

Ponorogo-PERSAMI adalah kependekan dari perkemahan Sabtu Minggu. SMK Negeri 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan PERSAMI pada hari Sabtu tanggal 2018 dan hari Minggu tanggal 5 Agustus 2018 yang alhamdulillah berjalan lancar dan aman, PERSAMI ini bertujuan untuk membentuk kader-kader Gerakan Pramuka yang berkualitas, terampil, mandiri, bertanggung jawab, dan disiplin.

PERSAMI ini diwajibkan untuk seluruh peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Ponorogo dalam rangka penerimaan tamu ambalan baru Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo. Lailatul Syadzadhiya Qothrunada, atau yang akrab dipanggil Nada sebagai ketua panitia mengungkapkan bahwa pada PERSAMI tahun ini diikuti sebanyak 416 peserta didik kelas X. Untuk susunan kegiatan mulai dari upacara pembukaan, materi, game, unggun gembira, senam pagi, outbound, bakti sosial, dan penanaman tanaman toga serta ditutup dengan upacara penutupan pada Minggu sore. Nada juga berharap dengan adanya kegiatan ini, para peserta didik mempunyai nilai karakter tinggi, cinta tanah air dan mementingkan kedisiplinan.

Para peserta PERSAMI terlihat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan, termasuk dalam pemberian Materi oleh Kholil Khusairi sebagai pendiri Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo. Beliau menyampaikan materi dengan renyah dan penuh motivasi supaya para peserta dapat menjadi Pramuka yang bermanfaat untuk masyarakat dan berguna bagi Nusa Bangsa dan Agama.  Dalam penyampaian materi beliau juga menyisipkan game sehingga suasana pada Sabtu siang SMK Negeri 2 Ponorogo terasa meriah penuh sorak sorai dan canda tawa para peserta PERSAMI.

 foto bersama persami

Di lain kesempatan menurut Kholil Khusairi sebagai pendiri Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo, filosofi terbentuknya Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo adalah sebagian besar peserta didik di SMK Negeri 2 Ponorogo perempuan yang diharapkan bisa tangguh penuh perjuangan untuk negeri ini seperti pahlaan dari Aceh Cut Nyak Dien. Beliau juga mengungkapkan banyak kendala di awal terbentuknya Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo, seperti minimnya dana dan antusias para peserta didik SMK Negeri 2 Ponorogo. Namun, seiring berjalannya waktu, kendala semakin sedikit dan semakin maju melangkah ke depan. Banyak perkembangan yang sangat pesat seperti semakin tahun banyaknya jumlah para peserta didik yang diterima SMK Negeri 2 Ponorogo, sehingga semakin banyak pula peserta dari Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo. Kholil Khusairi juga mengungkapkan harapannya, “Semoga para peserta didik Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo, semakin banyak prestasi yang didapat dari berbagai lomba yang diikuti, dan semakin berkembang lebih baik ke depannya”

Langit Sabtu Malam di atas SMK Negeri 2 Ponorogo terlihat sangat cerah, dengan udara yang lumayan dingin. Sehingga acara api unggun atau unggun gembira semakin hangat apalagi disertai dengan pentas seni dari para peserta PERSAMI. Tamu undangan yang hadir selain dari bapak ibu Guru SMK Negeri 2 Ponorogo, juga dari para alumni SMK Negeri 2 Ponorogo serta warga sekitar lingkungan SMK Negeri 2 Ponorogo yang ingin menyaksikan api unggun dan pentas seni. Unggun gembira tersebut dibuka oleh Sujono,M.Pd sebagai Kepala SMK Negeri 2 Ponorogo dengan menyalakan kembang api yang menambah kemeriahan acara. Sorak sorai terdengar riuh diantara para peserta PERSAMI melihat pertunjukan kembang api dan petasan yang menghiasi langit SMK Negeri 2 Ponorogo. Tawa canda para peserta dan tamu undangan melihat aksi pentas seni yang mengocok perut seperti drama stand up comedy, tari modern, karaoke dan masih banyak lagi.

Hari kedua yaitu Minggu (5/8) pagi, para peserta PERSAMI mengikuti senam pagi yang dilanjutkan dengan games dan outbound. Dari kegiatan tersebut diharapkan para peserta tau akan nilai kerja sama antar tim dan saling menghormati. Kegiatan dilanjutkan dengan bakti sosial dan penanaman tanaman toga di lingkungan sekolah. Dengan adanya bakti sosial kepada warga sekitar SMK Negeri 2 Ponorogo, diharapkan peserta PERSAMI menjunjung tinggi nilai sosial dan saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kegiatan demi kegiatan dalam rangka penyambutan tamu ambalan baru sudah dilalui dengan lancar dan aman, kemudian kegitan tersebut ditutup pada sore pukul 16.00 WIB oleh kak Nara sebagai pembina Pramuka Dewan Ambalan Cut Nyak Dien Gugus Depan 01-083/01-084 SMK Negeri 2 Ponorogo dan sayonara pulang ke rumah masing-masing. Terlihat beberapa peserta PERSAMI menangis haru karena berpisah dengan kakak pembina setelah dua hari bersama, tetapi ada rasa lega dan bahagia bisa kembali berkumpul dengan keluarga.(eva-sofiana)

 


Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini