VISI
- Menjadi SMK Pariwisata dan Teknologi yang unggul , berlandaskan IMTAQ, berwawasan IPTEK, peduli dan berbudaya lingkungan
MISI
- Mengembangkan kultur pendidikan untuk memberdayakan peserta didik menjadi insan yang berakhlak mulia , berkarakter, kreatif dan kompetitif.
- Meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.
- Meningkatkan sarana prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran optimal yang berbasis pada implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menanamkan kemandirian siswa melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana.
- Menanamkan sikap kepekaan sosial, ramah lingkungan dan menjunjung tinggi kearifan dalam keberagaman.
TUJUAN SEKOLAH
- Menghasilkan tamatan yang berdaya saing, profesional, kreatif, inovatif, tangguh, jujur, disiplin, mandiri dan tanggung jawab.
- Meningkatkan SDM (Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik) sebagai sumber daya profesional sesuai tujuan kebutuhan pasar kerja dunia usaha dan dunia industri.
- Terjalinnya kemitraan dengan Masyarakat, Dunia Usaha dan Dunia Industri.
- Menyempurnakan fasilitas sarana dan prasarana sekolah sesuai dengan standar industri.
- Terwujudnya suasana belajar disekolah dengan menggunakan Teknologi Informasi (IT) yang mengacu pada kemandirian.
- Terwujudnya sekolah sebagai pusat layanan informasi bidang pariwisata dan teknologi.
- Terwujudnya Businnes Center dan pengembangan produk /jasa melalui Teaching Factory dan Unit Produksi.
- Terbentuknya tamatan yang peduli dan berbudaya lingkungan.
KEBIJAKAN MUTU INSTITUSI
- Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pelanggan berkaitan dengan layanan produk jasa pendidikan melalui kegiatan yang inovatif, peduli, dan berbudaya lingkungan.
- Setiap Sumber Daya Manusia (SDM) SMK Negeri 2 Ponorogo harus bertanggungjawab melaksanakan penyempurnaan mutu layanan produk jasa pendidikan dan mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan agar dapat memenuhi kepuasan pelanggan.